TEKAN (CTRL lalu - (yang ada di sebelah bagian Backspace pada keyboard) ) UNTUK MEMBUAT BLOG LEBIH ENAK DILIHAT

Wednesday 10 June 2015

Makalah tentang HIV

Posted by Unknown On 14:27 0 comments





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr, wb
Puji syukur kehadirat ALLAH SWT, yang telah memberi kekuatan dan kesempatan kepada kami, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan waktu yang di harapkan walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana, dimana makalah ini membahas tentang “HIV/AIDS” dan kiranya makalah ini dapat meningkatkan pengetahuan kita khususnya tentang bagaimana dan apa bahaya dari penyakit HIV/AIDS.
Dengan adanya makalah ini,mudah-mudahan dapat membantu meningkatkan minat baca dan belajar teman-teman.selain itu kami juga berharap semua dapat mengetahui dan memahami tentang materi ini, karena akan meningkatkan mutu individu kita
Kami sangat menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih sangat  minim,sehing saran dari dosen pengajar serta kritikan dari semua pihak masih kami harapkan demi perbaikan laporan ini. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.




Kendal, 1 September  2014
                                                                                

Penyusun




Daftar Isi
Kata Pengantar           ……………………………………………………………...            1

Daftar Isi         ……………………………………………………………………..              2

BAB I : PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang     ……………………………………….……………………..             3
B.       Rumusan Masalah   ………………………………………………………….                3
C.       Tujuan Penulisan ……………………………………………………………..              3

BAB II: PEMBAHASAN
A.      Pengertian HIV/AIDS   …………………………………..……………………                        4
B.       Gejala HIV/AIDS   …………………………………..………………………               4
C.       Penularan HIV/AIDS   ……………………………………………………..                 5
D.      Pencegahan  HIV/AIDS   …………………………………………………….              5

BAB III: PENUTUP
A.      Kesimpulan   ………………………………………..……………………….                6
B.       Saran   ……………………………………………………………..………..                 6

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………...                        6













BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
AIDS merupakan sindroma menurunkan kekebalan tubuh yang disebabkan virus HIV. Seperti yang kita ketahui bersama, AIDS adalah suatu penyakit yang belum ada obatnya dan belum ada vaksin yang bisa mencegah serangan virus HIV, sehingga penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit AIDS memang sampai sekarang belum ada obatnya, namun walaupun tidak ada obatnya bukan berarti para penderita ataupun kita sebagai manusia tidak dapat melakukan usaha apapun.
Tidak hanya itu saja, sejauh ini penyakit AIDS terus berkembang, masyarakat belum juga mengetahui apa itu sebenarnya AIDS, gejala-gejala AIDS, cara penularannya, dan cara mencegahnya. Sehingga sampai sekarang, penderita penyakit AIDS semakin meningkat setiap tahunnya. Sesungguhnya, banyak yang harus diketahui tentang AIDS, bukan hanya pengertian atau gejalanya saja, tetapi masyarakat luas juga perlu mengetahui siapa saja yang kemungkinan besar tertular AIDS, dan bagaimana keadaan AIDS sejauh ini di Indonesia.
Dengan alasan-alasan itulah, kami sebagai generasi muda akan membahasnya dan menyusun makalah ini dengan judul “Bahaya HIV/AIDS”.


B.     Rumusan Masalah
1.    Apakah HIV/AIDS itu?
2.    Apa sajakah gejala-gejala penyakit AIDS?
3.    Bagaimana cara penularan penyakit AIDS?
4.    Bagaimanakah cara mencegah penyakit AIDS?


C.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan kami mengangkat masalah AIDS dalam Makalah ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui apa sebenarnya AIDS itu, mengapa AIDS perlu mendapat perhatian khusus, serta bagaimana gejala-gejalanya. Selain itu kami Juga ingin mengetahui bagaimana penularan AIDS, siapa saja yang kemungkinan besar bisa tertular AIDS, bagaimana keadaan AIDS di Indonesia, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan AIDS.












BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian HIV/AIDS
HIV adalah singkatan dari Human Immunodficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4, sehingga dapat merusak system kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.
Sedangkan AIDS merupakan singkatan dari Acquired Imunne Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembangbiakan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Penyebab dari penyakit AIDS adalah adanya infeksi virus HIV.
Oarang yang telah mengidap virus AIDS akan menjadi pembawa dan penular AIDS selama hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat. AIDS juga dikatakan penyakit yang berbahaya karena sampai saat ini belum ada obat atau vaksin yang bisa mencegah virus AIDS. Selain itu orang terinfeksi virus AIDS akan merasakan tekanan mental dan penderitaan batin karena sebagian besar orang di sekitarnya akan mengucilkan atau menjauhinya. Dan penderitaan itu akan bertambah lagi akibat tingginya biaya pengobatan. Bahaya AIDS yang lain adalah menurunnya sistim kekebalan tubuh. Sehingga serangan penyakit yang biasanya tidak berbahaya pun akan menyebabkan sakit atau bahkan meninggal.

B.     Gejala HIV/AIDS
Sejak pertama seseorang terinfeksi virus HIV, maka virus tersebut akan hidup dalam tubuhnya, tetapi orang tersebut tidak menunjukkan gejala penyakit namun terlihat betapa sehat, aktif, produktif seperti biasa. Karena gejala-gejala AIDS tampak setelah + 3 bulan. Adapun gejala-gejala AIDS itu sendiri adalah :
·       Berat badan turun dengan drastis.
·       Demam yang berkepanjangan(lebih dari 38 0C)
·       Pembesaran kelenjar (dileher), diketiak, dan lipatan paha)yang timbul tanpa sebab.
·       Mencret atau diare yang berkepanjangan.
·       Timbulnya bercak-bercak merah kebiruan pada kulit (Kanker kulit atau KAPOSI SARKOM).
·       Sesak nafas dan batuk yang berkepanjangan.
·       Sariawan yang tidak sembuh-sembuh.
·       Pembesaran kelenjar secara menyeluruh di leher dan lipatan paha.
·       Nyeri di perut bagian bawah (wanita), buah pelir (laki-laki), serta pantat dan kaki. Namun pada wanita seringkali gejala ini tidak dirasakan, walaupun sebenarnya sudah terkena virus HIV
Semua itu adalah gejala-gejala yang dapat kita lihat pada penderita AIDS, yang lama-kelamaan akan berakhir dengan kematian.







C.   PENULARAN HIV/AIDS
AIDS dapat ditularkan melalui cara-cara berikut :
·       Melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang mengidap HIV.
·       Transfusi darah yang mengandung virus HIV.
·       Melalui alat suntik, akupuntur, tato, dan alat tindik yang sudah di pakai orang yang mengidap virus AIDS.
·       Hubungan pranatal, yaitu pemindahan virus dari ibu hamil yang mengidap virus AIDS kepada janin yang dikandungnya.
·       Melalui air susu ibu/ ASI yang diminum.
·       Melalui darah yang terinfeksi virus HIV dan mengenai kulit yang terluka.
·       Melalui sperma pada pria dan cairan vagina pada wanita.
Kita tidak usah terlalu mengucilkan atau menjauhi penderita AIDS, kita harus selalu mendukung para penderita AIDS bukan menjauhinya, karena AIDS tidak akan menular dengan cara – cara seperti di bawah ini :
·       Hidup serumah dengan penderita AIDS ( asal tidak mengadakan hubungan seksual ).
·       Bersenggolan atau berjabat tangan dengan penderita.
·       Bersentuhan dengan pakaian dan lain-lain barang bekas penderita AIDS.
·       Makan dan minum.
·       Gigitan nyamuk dan serangga lain.
·       Sama-sama berenang di kolam renang.

D.   PENCEGAHAN HIV/AIDS
Pencegahannya dapat dilakukan melalui cara-cara berikut :
·  Hindarkan hubungan seksual diluar nikah. Usahakan hanya berhubungan dengan satu orang pasangan seksual, tidak berhubungan dengan orang lain.
·  Pergunakan kondom bagi resiko tinggi apabila melakukan hubungan seksual.
·  Ibu yang darahnya telah diperiksa dan ternyata mengandung virus, hendaknya jangan hamil. Karena akan memindahkan virus AIDS pada janinnya.
·  Kelompok resiko tinggi di anjurkan untuk menjadi donor darah.
·  Penggunaan jarum suntik dan alat lainnya ( akupuntur, tato, tindik ) harus dijamin sterilisasinya.
·  Jangan melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang anda tidak ketahui kondisi kesehatannya.
·  Hindari mabuk-mabukan dan narkotika yang membuat anda lupa diri.

Adapun usaha-usaha yang dapat dilakukan pemerintah dalam usaha untuk mencegah penularan AIDS yaitu, misalnya : memberikan penyuluhan-penyuluhan atau informasi kepada seluruh masyarakat tentang segala sesuatau yang berkaitan dengan AIDS, yaitu melalui seminar-seminar terbuka, melalui penyebaran brosur atau poster-poster yang berhubungan dengan AIDS, ataupun melalui iklan diberbagai media massa baik media cetak maupun media elektronik.penyuluhan atau informasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, kepada semua lapisan masyarakat, agar seluarh masyarakat dapat mengetahui bahaya AIDS, sehingga berusaha menghindarkan diri dari segala sesuatu yang bisa menimbulkan virus AIDS.





BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Adapun kesimpulan yang dapat penulis simpulkan mengenai makalah ini adalah ;
·      HIV (Human Immuno-Devesiensi) adalah virus yang hanya hidup dalam tubuh manusia, yang dapat merusak daya kekebalan tubuh manusia. AIDS (Acguired Immuno-Deviensi Syndromer) adalah kumpulan gejala menurunnya gejala kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit dari luar.
·      Tanda dan dan Gejala Penyakit AIDS seseorang yang terkena virus HIV pada awal permulaan umumnya tidak memberikan tanda dan gejala yang khas, penderita hanya mengalami demam selama 3 sampai 6 minggu tergantung daya tahan tubuh saat mendapat kontak virus HIV tersebut.
·      Hingga saat ini penyakit AIKS tidak ada obatnya termasuk serum maupun vaksin yang dapat menyembuhkan manusia dari virus HIV penyebab penyakit AIDS yang ada hanyalah pencegahannya saja.


B.     SARAN
Adapun saran-saran dari kami yang mungkin akan berguna bagi kita semua, yaitu:
·       Bagi kita sebagai manusia, hendaknya  selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berusaha menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa menyebabkan AIDS.
·       Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah (berzinah), dan jangan berganti-ganti pasangan seksual.
·       Apabila  berobat dengan menggunakan alat suntik, maka pastikan dulu apakah alat  suntik itu steril atau tidak.
·       Apabila melakukan tranfusi darah, terlebih  dahulu perikasakan apakah tranfusi darah itu bebas dari virus HIV.
·       Bagi kita sebagai generasi muda, jauhilah obat-obatan terlarang terutama narkotika melalui alat suntik, alat-alat tato, anting tindik, dan semacamnya yang bisa saja menularkan AIDS, karena alat-alat seperti itu tidak ada gunanya. Dan selalu hindarkan diri dari pergaulan bebas yang bersifat negatif.
·       Bagi orang yang mengetahui dirinya telah terinfeksi virus AIDS hendaknya menggunakan kondom apabila melakukan hubungan seksual, agar virus AIDS tidak menular pada pasangan seksualnya.
·       Bagi pemerintah, hendaknya terus gencar dalam memerangi AIDS misalnya dengan memberikan penyuluhan, dan penutupan tempat-tempat prostitusi untuk mengurangi penyakit masyarakat. Selain itu, pemerintah juga seharusnya menjamin penderita AIDS agar tidak mendapatkan tekanan mental ataupun tindakan diskriminatif.
Itulah saran-saran dari kami, dengan saran-saran kami diatas kami harapkan kasus penyakit AIDS khususnya di Indonesia dapat berkurang atau bahkan tidak ada lagi kasus yang menyangkut AIDS. Apalagi penyakit AIDS belum ada obatnya, jadi  pencegahan lah hal terbaik yang dapat kita lakukan agar tidak terjangkit penyakit tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

http//:www.google.com/hiv-aids
http://arisaputra18.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

PLAYER LIST

No.Pos.Nama
1Bendera IndonesiaGKNurman
3Bendera IndonesiaDFIndra
4Bendera IndonesiaDFJain
5Bendera IndonesiaMFMaulana Ramos
7Bendera IndonesiaMFIhsan Sano Captain sports.svg
8Bendera IndonesiaMFFajar Steven
10Bendera IndonesiaFWSandi Aria
18Bendera IndonesiaFWRefda
19Bendera IndonesiaDFIrgi Garay
20Bendera IndonesiaFWIlyas Julian



No.Pos.Nama
22Bendera IndonesiaGKAfiyatna
23Bendera IndonesiaDFMerdi
26Bendera IndonesiaDFIhsan
27Bendera IndonesiaDFAriq Bast
28Bendera IndonesiaGKAsep Nopan
30Bendera IndonesiaDFFebrian
88Bendera IndonesiaFWRifqi
97Bendera IndonesiaMFWawan Killer
99Bendera IndonesiaDF(Abu) Ricado Vanroy
-Bendera IndonesiaMFOam Daud

 
Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1dnw2P9Sf